Rabu 03 Nov 2010 02:16 WIB

Indonesia-Australia akan Tingkatkan Kerja Sama

Rep: M Ikhsan S/ Red: Arif Supriyono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pemerintah Indonesia dan Australia sepakat terus meningkatkan kerja sama dalam berbagai bidang. Kedua negara terus mendorong kerja sama yang komprehensif dan memungkinkan pembahasan sejumlah isu ekonomi, termasuk investasi.

Itu merupakan hasil pertemuan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan Perdana Menteri Australia, Julia Gillard, di Istana Merdeka, Selasa (2/11). "Indonesia ingin menjalin hubungan yang lebih baik lagi dengan negara-negara di Pasifik Barat Daya. Australia dan Indonesia juga merupakan anggota G20 and APEC," kata presiden usai pertemuan.

Isu bilateral yang dibahas antara lain penegakan hukum dan keamanan; lingkungan dan perubahan iklim; ekonomi, industri, dan perdagangan; pertanian; kepemudaan dan olahraga; dan pariwisata. "Di bidang regional dan masalah internasional, kami bertukar pikiran tentang pentingnya membangun arsitektur regional yang tepat di kawasan Asia Pasifik," kata Presiden.

Dalam bidang hukum dan keamanan, kedua negara membahas kasus penyelundupan manusia. Kedua negara juga sepakat untuk melanjutkan kerja sama menghadapi kejahatan transnasional yang lain, termasuk menanggulangi terorisme. .

Indonesia menyampaikan perlunya kerjasama di dalam mengatasi tumpahan minyak dari perusahaan Australia di Laut Timor. Presiden meminta masalah lingkungan bisa dicegah dan kemudian perlu mendapatkan kompensasi bagi masyarakat yang berhak menerimanya.

Dalam kesempatan sama, Gillard menegaskan, "Setelah hubungan kerja sama yang sangat kuat, maka kami mendorong kerja sama yang komprehensif memungkinkan pembahasan sejumlah isu ekonomi oleh kedua negara termasuk investasi". Menurut Gillard, pertemuan dengan Yudhoyono merupakan kesempatan langsung bicara tentang hubungan bilateral, regional, dan global.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement