Selasa 09 Nov 2010 03:57 WIB

Istana Sambut Obama dengan Nasi Goreng & Bakso

Rep: M Ikhsan Shiddieqy/ Red: Djibril Muhammad
Presiden AS Barack Obama
Presiden AS Barack Obama

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Berbagai persiapan dilakukan Pemerintah Indonesia guna menyambut hangat Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Diantara semua persiapan tersebut, terselip menu utama yang pernah disantap saban hari sewaktu Obama kecil menetap di Indonesia, yakni Nasi Goreng dan bakso.

Dalam rangkaian kunjungannya itu, Obama bakal dijamu secara spesial oleh pihak Istana Negara. Hal itu karena, sejarah masa lalu yang pernah dilaluinya. Demikian disampaikan Juru Bicara Kepresidenan Julian A Pasha usai konferensi pers tentang kunjungan Obama di Kantor Presiden, Senin (8/11). "Nasi goreng dan bakso kita siapkan," kata Julian ketika ditanya ihwal hidangan khusus yang akan disuguhkan kepada Presiden AS ke-44 ini.

Obama memang akan dijamu makan malam di Istana Merdeka pada Selasa (9/11). Jamuan yang dikenal dengan state dinner ini dilakukan setelah Obama diterima secara resmi dalam penyambutan kenegaraan di halaman Istana Merdeka pada Selasa (9/11) petang.

Julian mengatakan, hidangan nasi goreng dan bakso ini bukan permintaan khusus dari Obama atau dari Gedung Putih, melainkan inisiatif Istana untuk menyambut Obama. "Nasi goreng dan bakso memang sudah lama kita siapkan, kita cari tahu beliau sukanya apa," ungkap Julian menambahkan.

 

Dia menambahkan, nasi goreng dan bakso ini akan disiapkan khusus oleh para koki Istana, sehingga tidak akan mengambil makanan dari luar. Obama juga disebut menyukai rambutan yang merupakan buah khas di Indonesia, namun Julian mengatakan, tidak menyiapkan secara khusus buah itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement