Rabu 10 Nov 2010 18:25 WIB

Pantai Gading Tunda Pemilihan Presiden

REPUBLIKA.CO.ID,ABIDJAN--Pantai Gading akan mengadakan pemilihan presiden putaran kedua, yang menentukan dan telah lama ditunda, pada 28 November, sesudah diundur sepekan dari rencana, kata Perdana Menteri Guillaume Soro pada Selasa.

Pemilihan tersebut mempertemukan presiden bertahan Laurent Gbagbo dengan penantangnya, Alassane Ouattara. "Atas alasan pelaksanaan, teknis, dan perlengkapan, Komisi Mandiri Pemilihan Umum meminta tambahan pekan untuk menyiapkan pemungutan suara berlangsung dalam keadaan terbaik," kata Soro saat jumpa pers.

Pemilihan umum itu bertujuan mengakhiri kebuntuan politik bertahun-tahun, yang mengurangi penanaman modal pada negara penghasil terbesar cokelat itu, sejak perang saudara pada 2002-2003, yang membelah negara itu menjadi wilayah selatan -yang dikuasai pemerintah- dan wilayah utara, yang dikuasai pejuang.

Hasil pemungutan suara pertama pada 31 Oktober memberikan suara 38 persen bagi Gbagbo dan Ouattara 32 persen, dengan jumlah pemilih sekitar 80 persen, yang menjadi salah satu jumlah tertinggi dalam pemilihan dengan banyak partai di Afrika.

sumber : ant/reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement