Kamis 11 Nov 2010 20:39 WIB

Dunia Sedang Mengamati G20

REPUBLIKA.CO.ID,VATIKAN--Paus Benediktus XVI pada Rabu mendesak para pemimpin dunia bekerja bersama untuk solusi "abadi, berkelanjutan dan adil" terhadap krisis ekonomi global, menjelang KTT G20 di Korea Selatan. Menulis di Osservatore Romano, harian resmi Vatikan, Paus mengatakan para pemimpin dari 20 ekonomi terkemuka di dunia harus menghormati "martabat manusia" dan menghindari kebijakan yang menguntungkan beberapa negara atas orang lain. "Dunia mengamati anda," bunyi judul dari pesan Paus.

"Gereja Katolik ... menganggap dirinya sebagai terlibat dan berbagi keprihatinan para pemimpin yang akan mengambil bagian dalam pertemuan puncak Seoul," katanya. "Karena itu saya mendorong Anda untuk mengatasi berbagai masalah serius yang dihadapi Anda ... untuk mencari solusi jangka panjang, berkelanjutan dan adil," tambahnya.

Ia juga menyerukan agar para pemimpin dunia untuk menunjukkan bahwa "peradaban dan budaya ... dapat dan harus menyatu dalam visi bersama martabat manusia, yang menghormati hukum dan persyaratan diletakkan di dalamnya oleh Tuhan Sang Pencipta." "G20 akan merespon harapan yang ditempatkan di dalamnya ... jika mampu menetapkan karakteristik universal umum yang baik dan menunjukkan kemauan untuk bekerjasama dalam rangka untuk mencapai itu."

sumber : ant/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement