Ahad 14 Nov 2010 01:31 WIB
KTT APEC

Hasil G20 Disosialisasikan di APEC

Rep: M Ikhsan Shiddieqy/ Red: Djibril Muhammad
KTT APEC 2010 Jepang
KTT APEC 2010 Jepang

REPUBLIKA.CO.ID, YOKOHAMA--Presiden Susilo Bambang mengikuti pertemuan sesi pertama dalam Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Negara-Negara Asia Pasifik (APEC) di Yokohama, Jepang, Sabtu (13/11) petang waktu setempat.

Sesi tersebut merupakan ajang sharing hasil KTT G20 di Seoul, Republik Korea pada Jumat (12/11) kemarin. Beberapa negara peserta KTT APEC baru saja mengikuti KTT G20 satu hari sebelumnya.

Pertemuan ke-21 kepala negara itu berlangsung tertutup di Gedung Pacifico Yokohama. Dalam pertemuan sesi pertama ini, kepala negara diberikan garis besar mengenai isu-isu prioritas di regional APEC yang juga berisi rekomendasi untuk memperbaiki iklim bisnis dan investasi di APEC.

Keadaan dunia sekarang sudah berubah. Dulu hanya ada negara berkembang dan negara maju, sekarang sebagian masuk kategori emerging country.

Acara akan ditutup dengan sesi foto bersama pemimpin negara-negara APEC yaitu, Amerika Serikat, Australia, Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, China, Rusia, Korea Selatan, Jepang, Taiwan, Hong Kong, Filipina, Brunei Darussalam, Papua Nugini, Selandia Baru, Cile, Peru, Meksiko, dan Kanada. Presiden rencananya akan digantikan Wapres Boediono dalam KTT APEC hari kedua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement