Kamis 18 Nov 2010 01:10 WIB

Disebut Seperti Putri Diana, Pangeran William Segera Menikah

Pangeran William dan Kate Middleton
Foto: Al Jazeera
Pangeran William dan Kate Middleton

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON--Kerajaan Inggris tampaknya tak lama lagi akan menggelar tenda biru alias resepsi besar bagi calon rajanya, Pangeran William. Pria yang berada di urutan kedua calon Raja Inggris itu bakal menikahi kekasihnya Kate Middleton.

Pihak Kerajaan telah mengumumkan pertunangan Pangeran William dan Middleton. Pernyataan resmi yang dikeluarkan Clarence House, kediaman resmi Pangeran Charles, mengungkapkan pasangan yang sama-sama berusia 28 tahun itu bertunangan saat berlibur di Kenya Oktober lalu. Pernikahan direncanakan digelar pada musim semi atau musim panas mendatang di London.

''Pangeran Wales (Prince of Wales) dengan senang hati mengumumkan pertunangan Pangeran William dengan Catherine Middleton,'' demikian bunyi pernyataan Clarence House.

Ratu elizabeth II yang juga nenek William, dan suaminya Pangeran Philip juga merasa senang mendengar rencana pernikahan itu. Demikian pernyataan dari Istana Buckingham.

Perdana Menteri Inggris, David Cameron, juga berharap pasangan bisa mendapatkan kebahagiaan dalam hidupnya nanti.

William merupakan putra sulung dari ahli waris pemegang tahta Kerajaan Inggris, Pangeran Charles dengan almarhum Putri Diana. Sedangkan Middleton merupakan putri seorang wiraswasta. Clarence House mengungkapkan, Pangeran telah memberitahu Ratu Elizabeth dan meminta izin pada ayah Middleton.

Seorang pengamat kerajaan, Richard Fitz Williams, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa meskipun lamaran telah dilakukan secara tradisional, namun latar belakang Middleton membuatnya menjadi salah satu pertunangan yang tidak biasa bagi Kerajaan.

''Ini merupakan perkawinan yang sangat tidak biasa bagi seorang anggota keluarga Kerajaan Inggris,'' ujarnya. ''Ini memang sekarang terjadi di seluruh kerajaan di Eropa. Mereka menikahi pasangan dari kalangan kelas menangah dan mereka menikah karena cinta.''

William yang kini menjabat sebagai pilot helikopter SAR di militer Inggris, bertemu Middleton ketika tinggal di Asrama di Universitas di Skotlandia pada 2001. Sebelumnya, William mengatakan tak akan menikah sampai berusia 28 tahun. Dan dia kini telah berusia 28 tahun pada Juni lalu.

Setelah menikah, rencananya pasangan itu akan tinggal di Nort Wales, sehingga sang Pangeran bisa tetap bertugas di kesatuannya. Pernikahan William dan Middleton akan berlangsung 30 tahun setelah pernikahan Charles dan Diana.

Media massa Inggris kerap menyorot Middleton dan menyamakannya dengan Diana, salah satu bangsawan Inggris yang paling populer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement