Jumat 19 Nov 2010 11:00 WIB

Hebat! Perenang Serbia Taklukkan Sungai Amazon Dalam 46 Hari

REPUBLIKA.CO.ID, BEOGRAD--Perenang Serbia Darko Novovic telah mencetak rekor-dunia baru, setelah ia berenang menyusuri Sungai Amazon sepanjang 5.450 kilometer, dalam waktu hanya 46 hari lebih, demikian laporan harian Beograd '24 Hours', Rabu (17/11).

Dalam wawancara dengan harian Beograd itu, Novovic (37) mengatakan ia memulai perjalanan panjangnya pada 29 September di Atalaya, Peru, dekat sumber sungai Amazon dan berenang rata-rata 16 jam dengan jarak 188 kilometer per hari.

Pada 13 November, Novovic telah berenang menempuh jarak 150 kilometer dan memasuki Samudra Atlantik di luar Belem Brazil, di mulut Sungai Amazon, katanya. Novovic, yang juga pernah berenang menyeberangi English Channel, meruntuhkan rekor sebelumnya oleh Martin Strela dari Slovenia, yang mengaruhi Sungai Amazon dalam 66 hari.

"Saya takut diserang bakteri yang dapat membuat mata buta, atau menghadapi sejumlah "monster"," kata Novovic. Namun, ia mengaku ia memang pernah bertemu dengan buaya maut di sungai tersebut.

Ia mengatakan "ketakutannya" menjadi motivasi setiap hari buat dia untuk berenang secepat mungkin. Novovic mengatakan upayanya tersebut adalah bagian dari upaya mengumpulkan dana untuk membangun dermaga di sekitar gereja di kota pantai Motenegro, Petrovac na Moru. Ia mengatakan ia sudah berencana menaklukkan Sungai Danube dari Beograd ke Schwarzwald, dari hulu sungai itu di Jerman tahun depan.

sumber : ant/Xinhua-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement