Sabtu 27 Nov 2010 00:20 WIB

Dongkrak Kepercayaan, PM Cina Melawat ke Rusia dan Tajikistan

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING--Kunjungan Perdana Menteri Cina, Wen Jiabao, ke Rusia dan Tajikistan membantu meningkatkan saling kepercayaan, memperdalam kerja sama dan mempromisikan pembangunan, kata Menteri Luar Negeri Cina, Yang Jiechi, Kamis (25/11) malam.

Wen melakukan kunjungan resmi ke Rusia dan Tajikistan dari Senin sampai Kamis lalu. Dia juga menghadiri pertemuan reguler ke15 antara PM Cina dan PM Rusia di Rusia dan pertemuan PM Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO) ke9 di Tajikistan.

Yang menyebut kunjungan-kunjungan itu sebagai aksi diplomatik besar Cina di wilayah Euroasia pada saat situasi dunia kini dalam perubahan yang kompleks. Kunjungan Wen bertujuan memperkuat solidaritas dan saling kepercayaan.

Selain itu Cina lewat berbagai kunjungan ingin memperdalam kerja sama saling menguntungkan, dan meningkatkan pembangunan bersama, yang menjadi keinginan bersama semua negara anggota SCO, katanya. Dalam kunjungan Wen tersebut, Cina menandatangani 50 dokumen bilateral dan multilateral dengan negara-negara terkait.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement