Sabtu 27 Nov 2010 23:15 WIB

Putin: Tahun Depan Mungkin Rusia Jadi Anggota WTO

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW--Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin, Jumat mengatakan, keanggotaan dalam Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) Rusia pada 2011 adalah "mungkin" dengan praktis tidak ada masalah yang tersisa untuk diselesaikan.

"Saya rasa ini adalah mungkin dan ini keinginan kita," katanya setelah pembicaraan dengan Kanselir Jerman Angela Merkel di Berlin. "Ada isu-isu yang tertinggal hampir tidak terpecahkan."

Merkel mengatakan bahwa ia mendukung kejadian ini untuk membantu perundingan perdagangan dunia putaran Doha akan selesai.

"Hal ini juga diinginkan bagi kita karena G20, dengan Rusia menjadi anggota dari G20. Kami ingin akhirnya untuk menyelesaikan perundingan perdagangan Doha, dan kami sangat ingin untuk melakukan hal ini dengan Rusia sebagai anggota WTO," katanya.

Namun demikian, Kanselir Jerman terus "menuangkan air dingin" pada usulan Putin sebuah zona perdagangan bebas antara Uni Eropa dan Rusia, mengatakan bahwa walaupun ini diinginkan, itu lebih dari tujuan jangka panjang.

Dia mengatakan bahwa batu sandungan utama adalah rencana Rusia untuk membentuk sebuah "customs union" (penyatuan kepabeanan) dengan Kazakhstan dan Belarus. "Ini lebih dari sebuah pertanyaan untuk masa depan. Saya pada dasarnya berbagi itu (ide). Kami adalah tetangga dan sama seperti di daerah lain kita akan mengintensifkan kemitraan kami langkah demi langkah."

sumber : Ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement