Senin 29 Nov 2010 06:05 WIB

Distribusi Obat Bius Lewat Terowongan Antarnegara

Rep: una/ Red: irf
Terowongan jalur perdagangan obat bius
Foto: ap
Terowongan jalur perdagangan obat bius

REPUBLIKA.CO.ID, SAN DIEGO--Kepolisian Meksiko, Jumat (26/11) telah berhasil menemukan terowongan sepanjang 670 meter yang digunakan para pengedar obat bius untuk menyelundupkan barang haram mereka dari wilayah Meksiko ke AS. Terowongan itu menghubungkan kota Tijuana di Meksiko dan Otay Mesa di wilayah California. Temuan itu adalah yang kedua sepanjang bulan ini. Setelah awal bulan ini pihak berwajib juga telah menemukan sebuah terowongan yang dilengkapi ventilasi dan penerangan. Media lokal menyebutkan terowongan sepanjang 800 meter itu tampaknya lebih canggih.

Menurut petugas di San Diego, terowongan itu terdapat di sebuah rumah di Tijuana dan tujuannya adalah sebuah gudang di Otay Mesa, California. Petugas juga telah menahan sejumlah orang baik di wilayah Meksiko maupun AS. Diperkirakan lebih dari 20 ton mariyuana telah diselundupkan dari terowongan lintas batas negara itu. ''terowongan itu menyerupai makam raja Mesir kuno,'' kata Mike Unzueta, kepala Imigrasi dan Bea Cukai San Diego.

Pejabat anti narkotika AS yakin terowongan itu dibuat kartel Sinaloa, Meksiko. Awal bulan ini kepolisian perbatasan menemukan lebih dari 20 ton mariyuana dalam sebuah operasi yang ditujukan kepada para penyelundup. Mereka melalui rute yang sama seperti yang ditemukan petugas Jumat lalu tersebut. 

Sejak pemerintah Meksiko mencanangkan perang terhadap narkotika, bisnis haram itu telah meminta ratusan hingga ribuan korban tewas. Baik di kalangan warga sipil, pelaku penyelundupan hingga petugas kepolisian Meksiko.

sumber : ap
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement