Rabu 01 Dec 2010 18:31 WIB

Bekas Markas Pemberontak Tamil Dijadikan Cagar Alam

REPUBLIKA.CO.ID,KOLOMBO--Sri Lanka akan mengubah sebuah kawasan hutan yang sangat luas yang merupakan bekas markas pemberontak separatis Macan Tamil menjadi cagar alam setelah berakhirnya perang saudara berdarah di pulau itu.

Hutan Mullaitivu, dari mana pemberontak melancarkan serangan selama beberapa dasawarsa hingga mereka dikalahkan oleh pasukan pemerintah tahun lalu, telah dinyatakan sebagai tempat yang aman bagi binatang-binatang liar, kata departemen informasi.

"Tempat perlindungan margasatwa itu akan menjadi solusi bagi konflik antara manusia dan gajah di tempat-tempat sekelilingnya," jelas departemen itu dalam satu pernyataan. Departemen itu menambahkan tempat perlindungan tersebut akan menjadi sekitar 40.500 hektar.

Perluasan permukiman manusia telah menyebabkan gajah kekurangan tempat tinggal di Sri Lanka, dengan binatang itu sering masuk ke desa-desa dan pertanian untuk mencari makan. Populasi gajah Sri Lanka telah berkurang menjadi sekitar 4.000 dari kira-kira 12.000 pada 1900, menurut para pejabat cagar alam.

sumber : ant/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement