Selasa 14 Dec 2010 22:43 WIB

Uni Eropa Bahas Pengakuan Negara Palestina

Bendera Palestina
Bendera Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSEL--Beberapa negara di Amerika Latin dan Eropa sudah menegaskan dirinya akan mendukung kemerdekaan Palestina pada 2011 mendatang. Mereka yang berada di Amerika Latin adalah, Brazil, Argentina dan Uruguay dan hanya satu negara dari benua Eropa, Prancis.

Terkait hal tersebut para menteri luar negeri negara-negara Uni Eropa dalam sidangnya membahas sebuah draf terkait pengakuan terhadap kedaulatan negara Palestina merdeka secara sepihak. Demikian terungkap daalam sidang yang dilakukan Senin (13/12) kemarin di Brussel.

Dalam sidang tersebut, dilaporkan para menlu Uni Eropa membahas draf usulan pengakuan negara Palestina merdeka secara sepihak jika upaya perdamaian tetap gagal sampai tahun depan. Menurut sumber diplomatik, draf tersebut disusun Jerman dan akan dipaparkan dalam sidang tingkat menlu Uni Eropa.

Pada saat yang sama, rezim Zionis Israel khawatir Uni Eropa benar-benar membuat keputusan sepihak untuk mengakui negara Palestina merdeka setelah proses perundingan damai yang diupayakan AS terhenti. September lalu, pemerintah Otorita Palestina kembali ke meja perundingan dengan rezim Zionis Israel tanpa mempedulikan penentangan luas dari rakyat dan faksi-faksi Palestina. Namun proses itu terhenti setelah Israel tetap melanjutkan proyek pembangunan distrik Zionis.

sumber : IRIB/AHF/RM

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement