Ahad 19 Dec 2010 08:17 WIB

Meningkat, Jumlah Penderita TB di London

Rep: C32/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON -- Jumlah orang yang terinfeksi Tuberkulosis atau (TB) di London meningkat hingga 50 persen pada dekade terakhir.

Tidak seperti di negara lainnya dimana jumlah TB menurun, di Inggris penyakit ini justru meningkat, terutama di London. Pada 1999 ada sekitar 2.309 kasus TB.

Ditulis pada sebuah artikel yang diterbitkan jurnal kedokteran, Lancet, pada 2009, di Inggris lebih dari 9.000 kasus, sementara di London sendiri sekitar 3.450 kasus TB. Dari jumlah tersebut hanya 70 persennya saja yang aktif melakukan pengobatan, selebihnya meremehkan.

" Kami prihatin melihat peningkatan kasus TB sejak 1970-an," kata Dr Ibrahim Abubakar, kepala surveilans TB di Inggris Health Protection Agency, dalam sebuah pernyataan.

Dia mengatakan kunci untuk mengurangi peningkatan kasus TB adalah diagnosis dini dan pengobatan yang tepat.

Sementara tuberkulosis masih jarang di Inggris - sekitar 15 orang per 100.000 orang terinfeksi. Angka itu masih lebih tinggi daripada di tempat lain di Eropa Barat. Di Perancis diperkirakan sekitar 10 orang dari 100 ribu terkena TB.

Sekitar 85 persen orang dengan TB telah berada di Inggris selama sedikitnya dua tahun, yang berarti penyakit ini tidak diimpor, namun beredar secara lokal.

 "Kenaikan kasus tuberkulosis tidak ada hubungannya dengan migrasi dan imigran," kata Alimuddin Zumla dari University College London. AP/c32

sumber : AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement