Sabtu 25 Dec 2010 11:24 WIB

Bom Sepeda Tewaskan Satu Polisi di Barat Laut Pakistan

REPUBLIKA.CO.ID, QUETTA, PAKISTAN--Sebuah bom sepeda meledak Jumat di kota Quetta di Pakistan baratlaut, menewaskan seorang polisi dan melukai empat orang lainnya. Bom itu meledak ketika sebuah kendaraan polisi lewat di pinggiran kota Quetta, ibukota provinsi Baluchistan yang bergolak, jelas pejabat senior polisi Hamid Shakil pada AFP.

"Sedikitnya satu polisi tewas dan tiga orang lainnya serta seorang yang lewat terluka dalam ledakan bom itu," tambah Shakil.

Beberapa pejabat pos polisi setempat juga memastikan serangan itu dan korban. Tidak ada kelompok yang menyatakan bertanggungjawab dengan segera atas serangan itu.

Kekerasan meningkat tahun ini di Baluchistan, yang berbatasan dengan Afghanistan dan Iran. Provinsi itu menderita karena perlawanan separatis dan gerilyawan Taliban.

Pada Oktober, Amnesti Internasional minta pada Pakistan untuk menyelidiki yang diduga penyiksaan dan pembunuhan terhadap lebih dari 40 pemimpin dan aktivis politik Baluch yang menentang aktivitas militer Pakistan di provinsi itu.

Ratusan orang telah tewas sejak gerilyawan bangkit pada 2004 untuk meminta otonomi politik dan bagian keuntungan lebih besar dari sumber alam minyak, gas dan mineral wilayah itu.

sumber : ant/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement