Jumat 31 Dec 2010 02:15 WIB

Model yang Pernah Pose Telanjang untuk Kampanye Anti-anoreksia Meninggal Dunia

Sabelle Caro, menderita anoreksia sejak usia 13 tahun
Foto: cbsnews
Sabelle Caro, menderita anoreksia sejak usia 13 tahun

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS--Model Prancis Sabelle Caro, yang mengguncang dunia setelah berpose telanjang dalam iklan billboard anti-aneroxia yang kontroversial tahun 2007, telah meninggal.

Pacarnya, penyanyi Swiss Vincent Bigler, mengkonfirmasi kematiannya. Ia mengatakan Caro meninggal pada 17 November setelah menghabiskan sekitar dua minggu di rumah sakit dengan penyakit saluran pernapasan akut, meskipun ia tidak mengetahui penyebab pasti kematiannya.

Rupanya, keluarganya ingin menjaga berahasiakan berita kematiannya. Caro menderita penyakit ini sejak  berusia 13. Pelatih aktingnya, Daniele Dubreuil-Prevot bahkan menyatakan ia telah menyandang sakit itu untuk waktu yang lama.

Model ini pernah mengalami koma pada tahun 2006 ketika berat badannya turun ke angka 25 kg. Dia melawan gangguan makan akut anoreksia, penyakin yang konon banyak menjangkiti model dan publik figur akibat ketakutan berlebihan untuk menjadi gemuk. Pada awal 2010 yang berat badannya meningkat menjadi 42kg.

Sabelle menjadi sorotan setelah ia difoto telanjang untuk kampanye anti anoreksia oleh fotografer Italia Oliviero Toscani. Pada saat itu sang model yang mempunyai tinggi 1,65 meter itu hanya memiliki  berat badan hanya 32 kg.

Kampanye anti-anoreksia dirilis di pekan mode Milan.

Anoreksia nervosa (AN) adalah sebuah gangguan makan yang ditandai dengan penolakan untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan rasa takut yang berlebihan terhadap peningkatan berat badan akibat pencitraan diri yang menyimpang. Pencitraan diri pada penderita AN dipengaruhi oleh bias kognitif (pola penyimpangan dalam menilai suatu situasi) dan mempengaruhi cara seseorang dalam berpikir serta mengevaluasi tubuh dan makanannya.

AN merupakan sebuah penyakit kompleks yang melibatkan komponen psikologikal, sosiologikal, dan fisiologikal, pada penderitanya ditemukan peningkatan rasio enzim hati ALT dan GGT,  hingga disfungsi hati akut pada tingkat lanjut.

Seseorang yang menderita AN disebut sebagai anoreksik atau (lebih tidak umum) anorektik. Istilah ini sering kali namun tidak benar disingkat menjadi anorexia, yang berarti gejala medis kehilangan nafsu makan.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement