Sabtu 01 Jan 2011 08:36 WIB
Jelang Pergantian Tahun

Inilah Cara Warga Dunia Merayakan Pergantian Tahun

Pesta kembang api di Sydney, Australia
Foto: AP
Pesta kembang api di Sydney, Australia

REPUBLIKA.CO.ID,ADELAIDE-Warga Selandia Baru duluan berpesta sebagai salah satu negara paling awal yang memasuki tahun baru. Di Auckland, kota terbesar Selandia Baru, kembang api berwarna merah, emas, dan putih, meluncur dari Sky Tower, salah satu bangunan tertinggi. Sementara puluhan ribu warga berteriak, menari, dan menyanyi di jalanan di bawahnya.

Di belahan bumi lainnya, warga bersiap menyambut datangnya 2011. Di Sidney, Australia, sekitar 1,5 juta warga berkumpul di taman untuk menyaksikan kembang api di atas Jembatan Pelabuhan Sydney. Mereka membawa kursi taman, tenda, selimut, dan matras.

Di New York, AS, diperkirakan jutaan warga akan berkumpul di jalanan sekitar Times Square untuk menyaksikan acara ball drop yang rutin digelar menyambut tahun baru.

Di Vietnam, untuk kali pertama ibu kota Hanoi merayakan pesta pergantian tahun. Acara digelar di depan gedung opera Hanoi dan dimeriahkan dengan permainan cahaya dan dipandu DJ-DJ dari luar negeri.

Di Taiwan, disiapkan permainan kembang api yang membentuk naga berliuk-liuk yang akan mendaki gedung 101, salah satu gedung tertinggi di dunia.

Di Jepang, masyarakat biasanya menghabiskan pergantian tahun bersama keluarga di rumah. Sebagian mengunjungi kuil untuk mendoakan keberuntungan pada tahun depan. Di kuil Zojoji yang berusia 600 tahun di pusat kota Tokyo, ribuan warga akan melepaskan balon berisi harapan pada 2011 saat detik pergantian tahun.

Di Filipina, Menteri Kesehatan Enrique Ona mengkhawatirkan petasan yang digunakan dalam pesta tahun baru akan mencederai seribu orang. Maklum, dalam hari-hari terakhir, 245 orang cedera akibat ledakan petasan. Masyarakat Filipina percaya suara petasan pada perayaan tahun baru akan mengusir roh jahat. Terkadang mereka menyalakan petasan yang kekuatannya lebih besar dari dinamit batang.

Di Eropa , kebanyakan warga hanya akan berpesta secara sederhana untuk melupakan krisis ekonomi yang melanda. Tahun 2010 adalah tahun muram bagi perekonomian Eropa, dimana Yunani dan Irlandia harus diselamatkan dengan dana talangan dan Spanyol dan Portugal dispekulasikan akan menyusul.

Di London, ribuan warga akan menyaksikan pesta musikal kembang api di kincir raksasa London Eye setinggi 135 meter yang terletak di tepian Sungai Thames.

 

 

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement