Jumat 07 Jan 2011 05:21 WIB

Lagi, Tentara Israel Bunuh Dua Warga Palestina di Perbatasan Gaza

Tentara Israel
Tentara Israel

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA--Tentara Israel membunuh dua warga Palestina di dekat perbatasan Jalur Gaza, kata para petugas medis Palestina Kamis (6/1). Seorang juru bicara militer mengatakan pasukan Israel melepaskan tembakan ke arah sekelompok warga Palestina yang berusaha menyeberangi pagar perbatasan Israel pada Rabu (5/1)malam.

Menurut para petugas medis Palestina hingga saat ini belum diketahui identitas dua orang yang dibunuh tersebut. Aksi kekerangan meningkat pada beberapa pekan belakangan ini di sepanjang garis perbatasan yang bergolak, meskipun baik negara Yahudi itu maupun penguasa Gaza, Hamas, telah berusaha untuk mencegah konfrontasi berkembang.

Sementara itu Kantor Berita China Xinhua juga dari Gaza melaporkan bahwa gerilyawan Gaza menembakkan sebuah roket rakitan ke arah Israel selatan Rabu malam, namun menurut siaran Radio Israel tidak ada korban. Seorang juru bicara militer Israel mengatakan kepada radio itu bahwa sebuah roket rakitan mendarat di sekitar kota Ashkol di Israel selatan. Tidak terjadi kerusakan atau korban, menurut laporan radio itu.

Komite Perlawanan Populer (PRC), yang loyal kepada gerakan Hamas yang berkuasa di Jalur Gaza, mengatakan dalam sebuah pamflet yang dikirimkan melalui email kepada para wartawan bahwa para pejuangnya yang menembakkan roket itu dari Gaza utara kepada Israel selatan. Pada Rabu pagi, pasukan militer menewaskan seorang Palestina dan melukai seorang lainnya di dekat perbatasan antara Jalur Gaza utara dan Israel, menurut sumber-sumber pemerintah Hamas.

Ambulan-ambulan dan tim-tim penyelamat tak bisa mencapai daerah itu karena hal tersebut memerlukan koordinasi dengan tentara Israel, menurut sumber-sumber. Pasukan Israel mendirikan zona penyangga seluas 300 meter di perbatasannya dengan Jalur Gaza.

Serdadu Yahudi melepaskan tembakan terhadap orang-orang Palestina yang berusaha mendekati daerah di perbatasan tersebut. Juru bicara militer Israel mengatakan Rabu petang bahwa dua roket rakitan ditembakkan dari Jalur Gaza dan mendarat dekat Ashkol di Israel selatan.

Pada Selasa malam, pesawat-pesawat tempur Israel menargetkan dua sasaran milik sayap bersenjata gerakan Hamas Brigade Al Qassam di Jalur Gaza selatan dan tengah. Seorang warga Palestina dilaporkan cedera ringan, menurut sumber-sumber medis.

sumber : Ant/Reuters/Xinhua-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement