Senin 10 Jan 2011 02:40 WIB

Presiden Sudan Selatan Sebut Referendum 'Momen Bersejarah'

REPUBLIKA.CO.ID, JUBA, SUDAN--Presiden Sudan Selatan, Salva Kiir, menyambut baik "saat bersejarah" bagi rakyatnya pada Ahad (9/1) saat ia berada di antara orang-orang yang pertama memberikan suara dalam referendum kemerdekaan bagi wilayah yang dilanda perang itu.

"Ini adalah saat bersejarah rakyat Sudan Selatan yang telah ditunggu-tunggu," katanya, sambil mengangkat tangannya kepada wartawan untuk menunjukkan tinta yang tak terhapuskan yang membuktikan dia telah memilih.

Utusan Amerika Serikat ,Scott Gration, dan John Kerry, serta bintang Hollywood, George Clooney, menyaksikan bagaimana ia memberikan suara di sebuah tempat pemungutan suara (TPS) yang didirikan untuk memperingati pemimpin pemberontak almarhim John Garang di ibu kota wilayah Juba.

Antrian ribuan orang terbentuk di TPS-TPS di sekitar kota lama sebelum jajak pendapat itu dibuka pada pukul 8.00 pagi (0500 GMT) waktu setempat.

 

"Saya ingin mengajak semua orang Sudan selatan untuk bersabar dalam kasus orang tidak memiliki waktu untuk memberikan suaranya pada hari ini," kata Kiir. Referendum ini ditutup pada pukul 17.00 (14.00 GMT) waktu setempat pada hari pertama tujuh hari referendum kemerdekaan.

sumber : Ant

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement