Kamis 20 Jan 2011 10:10 WIB

'Yang Terjadi di Tunisia Bukan Kudeta, Tapi Revolusi!'

Sekjen LIga Arab Amre Moussa
Sekjen LIga Arab Amre Moussa

REPUBLIKA.CO.ID, SHARM EL-SHEIKH, MESIR - Hampir dari semua dunia Arab mengaku kaget apa yang terjadi pada Tunisia. Negara yang dipimpin Presiden Zine Al-Abidin Ben Ali sealam kurang lebih 23 tahun itu pun akhirnya tumbang ditangan rakyatnya sendiri. Seiring dengan itu banyak juga anggapan bahwa yang terjadi di Tunisia adalah sebuah kudeta, seperti yang jamak dterjadi di ngara-negara Islam.

Namun, terkait Tunisia, Sekjen Liga Arab Amr Moussa memiliki penilaian sendiri. Baginya, apa yang terjadi di Tunisia adalah sebuah revolusi. "Revolusi ini terjadi karena kemiskinan, pengangguran dan keterbelakangan," tegasnya.

Seperti dilaporkan AFP, Moussa pada pertemuan ekonomi para pemimpin Liga Arab di Sharm El-Sheikh, Mesir mengungkapkan, revolusi yang terjadi di Tunisia sangat berkaitan dengan tema yang sedang dibicarakan di forum ini yaitu pembangunan ekonomi dan sosial.

Sekjen Liga Arab menambahkan, sebagian besar masyarakat di negara-negara Arab bergelut dengan kemiskinan, pengangguran dan keterbelakangan. Untuk itu, Amr Moussa berharap akan ada tindakan konkret untuk memperbaiki taraf kesejahteraan rakyat di negara-negara Arab.

sumber : IRIB/AHF
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement