Senin 07 Feb 2011 13:49 WIB

Gelombang Ketiga Evakuasi WNI Tiba di Jakarta

Evakuasi WNI dari Mesir telah tiba di Tanah Air
Foto: Antara/Ismar Patrizki
Evakuasi WNI dari Mesir telah tiba di Tanah Air

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA  - Sebanyak 400 Warga Negara Indonesia yang masuk dalam gelombang ketiga evakuasi dari Mesir tiba di Jakarta, Senin. "Tadi pagi 400 WNI sudah sampai di bandara dalam gelombang ketiga evakuasi dari Mesir, meski keadaan mereka lelah namun pada umumnya kondisinya baik," kata Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa.

Ia menambahkan, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Evakuasi WNI di Mesir, Hassan Wirajuda, sedang berada di Mesir untuk memberikan instruksi langsung terkait hal-hal yang perlu dilakukan dalam evakuasi. "Telah terdata 700 WNI yang siap untuk dievakuasi, dan mungkin kami akan kembali mengirimkan pesawat untuk menjemput pada dini hari esok," tambah Marty.

Ia mengatakan gelombang evakuasi lanjutan masih dimungkinkan karena situasi sangat dinamis sehingga Kemlu hanya memfasilitasi apa yang diinginkan WNI.

Terkait dengan pemberitaan yang menyebutkan terdapat WNI yang ditahan oleh pihak berwenang Mesir, Marty menyebutkan mereka sudah dibebaskan. "Saya mendapat laporan dari dubes di Mesir ada 20 orang mahasiswa Indonesia yang sempat diinterogasi selama tiga jam namun setelah diproses, mereka dibebaskan. Sementara satu orang lagi yang diproses selama 24 jam juga sudah dibebaskan," jelasnya.

Ia mengatakan, sejak awal WNI di Mesir bukan komunitas yang ditargetkan oleh siapa pun juga karena mereka dikenal warga yang baik di sana. "Kami menghimbau agar WNI di Mesir menghindari tempat-tempat keramaian maupun lokasi demonstrasi serta terus berhubungan dengan KBRI," kata Marty.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement