Rabu 09 Feb 2011 15:10 WIB

Kamboja Kembalikan Tentara Thailand yang Disandera

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK - Kamboja mengembalikan satu tentara Thailand kepada pemerintah Thailand di Phnom Penh yang ditangkap sewaktu pertempuran lintas perbatasan antara tentara Thailand dan Kamboja pada Sabtu pagi di dekat Kuil bersejarah Preah Vihear. Pengembalian tersebut dilakukan karena permintaan Kementerian Pertahanan Thailand.

Kepala Departemen Bidang Politik dan Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, Letnan Jenderal Nim Sovath Selasa (9/2) menyaksikan penyerahan tentara bernama Pte Songkran Thongchompoo yang ditangkap oleh pasukan Kamboja sewaktu pertempuran pada Sabtu kepada Atase Militer, Kolonel Direk Bongkarn yang bertugas di Kedutaan Besar Thailand di Phnom Penh.

Penyerahan tersebut dilaksanakan di Kementerian Pertahanan Kamboja. Acara tersebut juga disaksikan oleh Atase Militer dari Indonesia, Jepang, Laos, Malaysia, Rusia, Singapura, Inggris dan Amerika Serikat. Pte Songkran akan dikembalikan ke Thailand melalui pos perbatasan Poi Pet-Aranyaprathet di provinsi Sa Kaeo dan diperkirakan tiba di Thailand pukul 18.00 waktu setempat.

Selama satu malam tidak terjadi pertempuran antara pasukan Thailand dan Kamboja. Sejak pertempuran terjadi pada Jumat, satu tentara Thailand serta seorang warga sipil tewas dan 25 lainnya mengalami cedera akibat bentrokan tersebut.

sumber : Antara/TNA-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement