Jumat 11 Feb 2011 16:04 WIB

Pantau Mesir, Sekjen PBB Seru Transisi Damai

Demonstrasi yang dilakukan rakyat Mesir
Demonstrasi yang dilakukan rakyat Mesir

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK - Sekjen PBB Ban Ki-moon menegaskan rakyat Mesir harus memutuskan masa depan politik mereka sendiri. Ia juga mengulangi kembali seruannya bagi transisi damai bagi pemilu yang bebas dan jujur.

Sekjen PBB memantau dengan seksama perkembangan-perkembangan di Mesir sekarang," kata kantornya dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan setelah Presiden Hosni Mubarak mengecewakan massa yang marah di Kairo karena ia memilih tetap berkuasa.

Dalam satu pengumuman, Mubarak mengatakan ia menyerahkan kekuasaan kepada Wakil Presiden Omar Suleiman tetapi menolak mengundurkan diri dan meninggalkan kantor seperti yang dituntut para pemrotes.

"Sekjen mengulangi seruannya bagi transisi yang transparan, tertib dan damai yang memenuhi aspirasi-aspirasi sah rakyat Mesir termasuk pemilu yang bebas, adil-jujur dan dapat dipercaya," kata pernyataan Ban.

Sekjen itu menyerukan kembali agar bagi setiap transisi menghormati penuh hak asasi manusia dan menjamin dialog yang tulus dan melibatkan semua pihak."

Pernyataan Ban itu juga mengatakan PBB tetap "siap membantu dalam proses itu" dan mengulangi kembali seruan kepada para pemimpin Mesir untuk menjamin para protes dapat menyuarakan keluhan-keluhan mereka tanpa khawatir mengalami konsekuensi tindakan keras.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement