Rabu 16 Feb 2011 17:53 WIB

Mubarak & Ben Ali Mulai Simpan Hartanya di Arab Saudi & UEA

Hosni Mubarak dan El Abidine Ben Ali
Hosni Mubarak dan El Abidine Ben Ali

REPUBLIKA.CO.ID, Beberapa sumber terpercaya mengungkapkan bahwa kedua presiden terguling, baik dari Mesir Hosni Mubarak dan Tunisia Zine El Abidine Ben Ali telah mengungsikan harta kekayannya ke Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA). Keduanya dikabarkan memindahkan aset miliaran dolarnya dari bank Eropa ke Arab Saudi dan Emirat.

Demikian dilaporkan Merh mengutip televisi Aljazeera (Selasa 15/2). Keluarga Mubarak, sumber tersebut melanjutkan, memperoleh jaminan keamanan langsung dari Raja Abdullah, pemimpin Arab Saudi dan Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyah, Emir Emirat terkait aset mereka tersebut.

Sumber ini juga menyebutkan bahwa Ben Ali yang saat ini berada di Arab Saudi mendapatkan jaminan serupa. Pada 12 dan 13 Februari aset kekayaan dua diktator Arab ini telah dipindahkan dari bank Eropa ke bank Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Koran The Guardian cetakan Inggris baru-baru ini memprediksikan bahwa kekayaan keluarga Mubarak berkisar antara 40-70 miliar dolar. Adapun Koran New York Times menyebutkan bahwa kekayaan keluarga Mubarak tidak lebih dari tiga miliar dolar.

sumber : Mehr/IRIB/MF
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement