Jumat 25 Feb 2011 10:51 WIB

Obama Puji Pencabutan Status Darurat Aljazair

Polisi antihuru-hara Aljazair disebar di penujuru ibu kota
Foto: AL ARABIYA
Polisi antihuru-hara Aljazair disebar di penujuru ibu kota

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat Barack Obama pada Kamis menyambut baik pencabutan status darurat di Aljazair, namun ia juga mendesak pemerintah di negara itu untuk melakukan langkah lain guna memenuhi hak rakyatnya.

"Satu pertanda baik bila pemerintah Aljazair mendengarkan kekhawatiran serta menjawab aspirasi rakyatnya, dan kami menantikan langkah selanjutnya yang akan diambil pemerintah sehingga rakyat Aljazair mendapatkan hak asasi mereka," kata Obama dalam sebuah pernyataan.

Sebelumnya Aljazair telah mencabut pemberlakukan status darurat yang telah berlangsung selama 19 tahun pada Kamis, satu upaya untuk menjawab gelombang protes yang melanda dunia Arab dengan mengabulkan permintaan utama kelompok oposisi yang menggelar aksi protes mingguan di ibu kota Aljazair.

"Amerika Serikat berkomitmen untuk tetap bekerja sama dengan pemerintah Aljazair bila mereka ingin bekerja mewakili dan menjawab keinginan rakyatnya. Kami juga akan terus menyuarakan kebebasan, keadilan dan martabat seluruh manusia di dunia," kata Obama.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement