Kamis 10 Mar 2011 18:16 WIB

ElBaradei Bidik Kursi Presiden Mesir

Rep: Abdullah Sammy/ Red: Didi Purwadi
Mohamed ElBaradei berbicara kepada para demonstran di Tahrir Square, Kairo, Ahad (30/1) malam
Foto: AP
Mohamed ElBaradei berbicara kepada para demonstran di Tahrir Square, Kairo, Ahad (30/1) malam

REPUBLIKA.CO.ID,KAIRO - Mohamed ElBaradei menyatakan diri akan maju dalam bursa calon Presiden Mesir dalam pemilu September mendatang. ElBaradei yang dikenal sebagai salah satu tokoh oposisi anti-mantan presiden Hosni Mubarak itu menyatakan niatnya secara terbuka kepada pers Mesir.

"Ketika pintu untuk nominasi presiden terbuka, saya berniat untuk mencalonkan diri," kata  ElBaradei pada talk show siaran langsung saluran TV satelit Mesir, ON. P

Pernyataan ElBaradei dikeluarkan di tengah keperihatinan Mesir akan krisis politik dan kekerasan yang melanda negara itu dalam tiga bulan terakhir. Pria peraih nobel perdamaian tahun 2005 ini optimistis Mesir akan melewati babak baru dengan damai dan minus kekerasan.

ElBaradei merupakan sosok oposisi yang mulai meramaikan jagad perpolitikan Negara Seribu Menara pada 2010. Sebelumnya, pria berusia 68 tahun itu lebih aktif dalam kegiatan di lembaga dunia. Salah satunya adalah Badan Atom Internasional, IAEA.

Sepak terjangnya mendapat apresiasi dunia dengan gelar Nobel Perdamaian tahun 2005. Pernyataan ElBaradei tentang kesediannya maju sebagai calon presiden membuka peta persaingan politik baru di Mesir. ElBaradei diperdiksi akan bersaing dengan Sekjen Liga Arab Amr Moussa dan calon dari Ikhwanul Muslimin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement