Sabtu 12 Mar 2011 08:50 WIB

PBB: 45 Negara Siap Bantu Jepang

REPUBLIKA.CO.ID,JENEWA--Tim-tim pencari dan penyelamat dari lebih dari 45 negara siap pergi ke Jepang yang dilanda gempa dan tsunami jika negara Asia itu membutuhkan bantuan, kata PBB, Jumat. "Lebih dari 68 tim yang berasal dari lebih dari 45 negara sudah siap," kata Elisabeth Byrs, juru bicara Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA), kepada AFP.

Tim-tim pencari dan penyelamat yang dimobilisasi di bawah jaringan tanggap bencana PBB kini mengamati situasi dan siap membantu jika Jepang meminta bantuan, katanya. "PBB siap membantu," kata Byrs.

Juru bicara itu mengatakan kepada wartawan, para ahli OCHA melakukan kontak yang terus-menerus dengan mitra-mitra mereka di badan penanganan bencana Jepang. Lebih dari 1.000 orang diyakini tewas dalam gempa besar dan tsunami yang melanda sejumlah besar daerah pesisir Pasifik Jepang utara pada Jumat.

Gempa bumi dahsyat itu merupakan gempa terkuat yang terekam di kepulauan yang secara seismik tidak stabil itu, yang terletak di "Lingkaran Api Pasifik".

sumber : antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement