Senin 14 Mar 2011 22:09 WIB

Dua Reaktor di Fukusima Terancam Meledak

Rep: Palupi Annisa Auliani/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,TOKYO – Setelah reaktor satu dan tiga dari PLTN Fukushima I meledak, ancaman ledakan merembet ke reaktor dua. Senin (14/3) petang, sebagaimana dikabarkan jaringan televisi NHK, batang bahan bakar reaktor dua di komplek pembangkit itu terekpos. Hal ini terjadi setelah level air pendingin anjlok.

Mulai pukul 18.00 waktu setempat, Tokyo Electric Power Company (Tepco) telah memompa air laut. Tetapi langkah ini tidak menutup kemungkinan tetap tereksposnya batang bahan bakar reaktor nomor dua. Bahkan Tepco mengatakan melelehnya inti bahan bakar dimungkinkan terjadi.

Badan Keamanan Industri dan Nuklir Jepang mengatakan bahwa pemompaan air laut ke dalam rekator saat ini terus berlangsung. Yaitu dalam upaya mendinginkan reaktor.

Sebelumnya, Senin pagi, Tepco juga telah memberitahu Pemerintah bahwa reaktor mereka telah kehilangan semua kemampuan pendinginan seiring gagalnya sistem tenaga darurat.

Sejak pemberitahuan tersebut, Tepco terus berupaya melakukan pendinginan dengan tenaga uap, untuk menggantikan listrik. Tetapi upaya menurunkan suhu di dalam reaktor tidak bekerja dengan baik.

Tepco telah mempertimbangkan juga membuat sebuah lubang di dalam ruang bangunan reaktor, untuk melepaskan hidrogen yang dibangkitkan dari batang bahan bakar yang terekpos. Akumulasi hidrogen telah menyebabkan ledakan di dua reaktor lain di komplek pembangkit ini

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement