Kamis 17 Mar 2011 11:46 WIB

Siang Ini, Jaksa Mancanegara Bicarakan Pengejaran Aset

Rep: A.Syalaby Ichsan/ Red: Didi Purwadi
Jaksa Agung Basrief Arief
Jaksa Agung Basrief Arief

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Kejaksaan Agung Republik Indonesia Kamis (17/3) ini menjadi tuan rumah acara 'The 7th International Association of Prosecutors (IAP) Asia Pasific and Middle East Regional Conference and High Level Meeting'. Jaksa Agung, Basrief Arief, menjelaskan salah satu agenda acara perhelatan tersebut adalah membicarakan tentang pengejaran aset.

Meski demikian, Basrief mengaku acara yang dibuka langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Presiden ini belum membicarakan hal tersebut. "Oh belum, kita belum sempat membicarakan itu. Pembahasan yang mendalam seperti itu akan kita bicarakan nanti siang pada saat acara inti dimulai,"ungkap Basrief saat dicegat wartawan di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (17/3).

Kejaksaan Agung saat ini tengah mengejar aset yang diduga hasil perbuatan kejahatan dan disimpan di luar negeri. Misalnya saja aset Bank Century di Hong Kong dan Swiss dan pengejaran aset Hutomo Mandala Putera di Guernsey, Prolektariat Inggris.

Meski demikian, Kepala Pusat Penerangan Hukum, Noor Rachmad, sempat menjelaskan tidak ada pembahasan teknis soal pengejaran aset tersebut. Noor menjelaskan pengejaran aset dimaksud merupakan tema umum.

IAP merupakan pertemuan para jaksa dari negara-negara Asia Pasifik dan Timur Tengah. Pertemuan tersebut akan dilanjutkan dengan pertemuan tingkat tinggi petinggi lembaga Kejaksaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement