Jumat 18 Mar 2011 22:38 WIB

Skala Kecelakaan Nuklir PLTN Fukushima Naik Menjadi Level 5

Bagaian atas Unit nomor 4, PLTN Fukushima Dai-ichi yang rusak parah.
Foto: AP PHOTO
Bagaian atas Unit nomor 4, PLTN Fukushima Dai-ichi yang rusak parah.

REPUBLIKA.CO.ID,TOKYO – Pemerintah Jepang, Jumat, mengakui respons terhadap krisis nuklir berjalan lambat karena pemerintah kewalahan akibat bencana gempa bumi dan tsunami.

Pemerintah juga meningkatkan skala kecelakaan nuklir di PLTN Fukushima Daiichi dari level 4 ke level 5. Dengan demikian PLTN Fukushima menyamai insiden PLTN Three Mile Island di AS pada 1979.

Para ahli nuklir telah mengatakan bahwa Jepang tak menganggap serius tingkat keparahan krisis nuklir yang sedang terjadi. Baru pada Jumat (18/3) PM Naoto Kan menyebutnya ‘sangat gawat’.

Berdasarkan International Nuclear Event Scale, kecelakaan level 4 didefinisikan memiliki konsekuensi lokal, sementara level 5 memiliki konsekuensi yang lebih luas.

Hidehiko Nishiyama dari Badan Keselamatan Nuklir Jepang, mengatakan level ini dinaikkan saat para pejabat menyadari bahwa setidaknya 3 persen bahan bakar nulklir di tiga reaktor telah rusak parah. Ini menandakan inti reactor telah meleleh sebagain dan melepaskan bahan radioaktif ke lingkungan sekitar.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement