Sabtu 19 Mar 2011 17:57 WIB

Pemberontak Libya Tembak Jatuh Pesawat Tempur

Rep: A.Syalaby Ichsan/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,BENGHAZI -- Pemberontak Libya menembak jatuh pesawat tempur yang mengebom bagian timur lpada Sabtu pagi. Hal tersebut menandakan bahwa mereka menolak ajakan Moammar Ghadafi untuk melakukan gencatan senjata.

AP menyaksikan pesawat tersebut jatuh dan terbakar di luar batas Benghazi pada Sabtu pagi. Awan hitam pekat membumbung dari kota itu setelah kota diserang. Suara artileri dan tembakan terdengar di kejauhan.

Mencoba untuk mencegah intervensi manuver pihak barat, Pemerintahan Ghadafi mendeklarasikan gencatan senjata pada Jumat kemarin. Setelah pemberontak merasa tersisih melawan artileri, tank dan pesawat tempur. Akan tetapi, oposisi menegaskan tidak terpengaruh dengan ajakan gencatan senjata tersebut.

Memanfaatkan gencatan senjata, Inggris dan Perancis berinisiatif dalam perencanaan zona larangan terbang, mengirim pesawat tempur Inggris ke wilayah mediterania dan mengadakan pertemuan krisis di Paris dengan PBB dan sekutu Arab.

Di Washington, Presiden Barack Obama memutuskan untuk mengenyampingkan penggunaan pasukan darat Amerika Serikat untuk menghadapi Ghadafi. Meksi demikian, ia memperingatkan  kekuatan laut dan udara AS di daerah itu akan bergabung dalam aksi militer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement