Senin 21 Mar 2011 20:11 WIB

Wah... Bukan Zamannya Lagi Berkomunikasi Lewat Telepon

Rep: Agung Sasongko/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Pesan singkat SMS. Ilustrasi
Foto: .
Pesan singkat SMS. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Kemudahan akses internet berikut kemunculan piranti muktahir semodel iPad mengubah cara berkomunikasi. Pesan singkat dan telepon yang telah menjadi primadona komunikasi di abad 21 bisa jadi tergusur.

Kedua hal tadi digantikan dengan aktivitas berselancar ria di dunia maya dan instant massage yang boleh dibilang praktis dan tidak menguras kantong. Paling tidak sebuah survei mengungkap kecenderungan masyarakat modern di negara maju untuk berkomunikasi via telepon mengalami penurunan drastis beberapa tahun belakangan.

Tercatat, jumlah menit yang dihabiskan masyarakat Inggris berkomunikasi via sambung telepon melalui ponsel mereka berkurang setengah dalam waktu kurang dari setahun. Saat ini, menurut survei tersebut, rata-rata dari masyarakat Inggris hanya menghabiskan waktu 10 menit perhari atau 300 menit perbulan.

Laman Dialtosave.co.uk seperti dikutip Telegraph, pekan lalu melaporkan hanya tiga warga Inggris yang menghabiskan waktu 300 menit dari 600 menit dalam sebulan. Sementara hanya satu dari tujuh warga Inggris yang menghabiskan waktu untuk telepon selama 900 menit.

Laman Statistik mencatat hanya 51 persen warga Inggris yang menghabiskan waktu 300 menit untuk berbicara via sambungan telepon. Fakta itu berkurang setengahnya dari tahun lalu yang mencapai 600 menit.

Richard Cappin, pendiri DialToSave mengatakan lebih dari setengah konsumen

tidak ingin sesuatu yang lebih dari 300 menit untuk waktu bicara dalam sebulan. Mereka cenderung menginginkan berselancar ria di dunia maya dengan menggunakan akun jejaring sosial dan menggunakan instant massage.

"Mereka tampaknya lebih menikmati mengirimkan pesan singkat atau instant massage ketimbang membuat panggilan telepon," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement