Saturday, 11 Jumadil Akhir 1440 / 16 February 2019

Saturday, 11 Jumadil Akhir 1440 / 16 February 2019

Serangan Boko Haram Tewaskan 60 Warga Nigeria

Ahad 03 Feb 2019 05:06 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Andri Saubani

Militan Boko Haram bunuh warga sipil Nigeria.

Militan Boko Haram bunuh warga sipil Nigeria.

Foto: Reuters
Serangan mematikan itu terjadi di wilayah Barat Laut Nigeria.

REPUBLIKA.CO.ID, NIGERIA -- Serangan militan Boko Haram di Barat Laut Nigeria pada awal pekan ini dilaporkan menewaskan 60 orang. Menurut Amnesty International, serangan itu menjadi yang paling mematikan dan berpotensi menjadi kejahatan perang.

Direktur Badan Hak Asasi Manusia di Nigeria, Osai Ojigho, mengatakan, mereka yang bertanggung jawab harus dibawa ke pengadilan. Serangan itu terjadi dua pekan setelah Boko Haram, kelompok jihadis yang pada satu titik bersekutu dengan ISIS, mengambil kendali dan berlari keluar dari tentara Nigeria yang ditempatkan di sana.

Ojigho menambahkan tentara meninggalkan pos mereka sehari sebelum serangan maut itu. "Sama sekali gagal melindungi warga sipil," ucapnya dikutip Fox News.

Sementara itu, Badan Pengungsi PBB mengatakan, serangan Boko Haram dalam beberapa pekan terakhir memaksa 30 ribu orang keluar dari Timur Laut Nigeria dan masuk ke Kamerun. Selain itu, lebih dari 250 ribu orang terlantar di tengah meningkatnya serangan-serangan militan yang ditujukan pada penduduk sipil.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Konflik Lahan di Jambi

Jumat , 15 Feb 2019, 21:07 WIB