Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Wali Kota Rio De Janeiro Umumkan Masa Berkabung Tiga Hari

Senin 11 Feb 2019 06:48 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Friska Yolanda

Suasana pemakaman korban kebakaran asrama klub Flamengo. Kebakaran terjadi pada Sabtu (9/2) dan menewaskan 10 orang remaja.

Suasana pemakaman korban kebakaran asrama klub Flamengo. Kebakaran terjadi pada Sabtu (9/2) dan menewaskan 10 orang remaja.

Foto: AP
Kebakaran di klub Flamengo diduga akibat korsleting listrik.

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANIERO -- Pemerintah Kota Rio De Janiero mengumumkan masa berkabung selama tiga hari pascakebakaran yang melanda kompleks latihan klub sepak bola, Flamengo. Akibat kebakaran tersebut, 10 pemain muda salah satu klub terbesar di Rio De Janiero tersebut ditemukan meninggal dunia.

Sebelumnya, kebakaran hebat menimpa salah satu bangunan di kompleks latihan Flamengo, Ninho de Urubu, di pusat kota Rio De Janiero. Kebakaran yang terjadi pada Jumat (8/2) dini hari waktu setempat itu, melanda asrama para pemain muda Flamengo. Kebakaran diduga dipicu korsleting listrik salah satu pendingin ruangan di bangunan tersebut.

Kebakaran itu mengakibatkan 10 pemain muda, yang berusia antara 14 hingga 16 tahun, meninggal dunia, dan tiga orang terluka parah. Presiden Flamengo, Rodolfo Landim, menyebut, peristiwa kebakaran itu merupakan tragedi terparah yang menimpa Flamengo sejak klub itu berdiri pada 123 tahun lalu. 

"Kami terpukul dan bingung. Ini merupakan tragedi terburuk buat klub ini selama klub ini berdiri sejak 123 tahun lalu. Sekarang, yang paling penting adalah mengurangi dampak atau penderitaan pada keluarga korban," kata Landim seperti dikutip The Guardian, Ahad (10/2).

Baca juga, Wakil Presiden Brasil Bela Sungkawa Atas Korban di Flamengo

Ungkapan belasungkawa pun datang dari berbagai pihak, tidak terkecuali Presiden Brasil, Jair Bolsonaro. "Kebakaran itu merenggut mimpi-mimpi para pemain muda, yang tengah berusaha menggapai karier profesional mereka," tutur Bolsonaro.

Selain itu, Pemerintah Kota Rio De Janiero, lewat Wali Kota Marcelo Crivella, juga telah mengumumkan masa berkabung selama tiga hari, terhitung dari Jumat (8/2) waktu setempat. Berbasis di Rio De Janiero, Flamengo merupakan salah satu klub tersukses di kancah sepak bola Brasil, dengan koleksi lima gelar Liga Brasil dan menjadi salah satu klub yang belum pernah terdegradasi.

Flamengo juga dikenal sebagai salah satu klub di Brasil yang mampu menelurkan sejumlah pemain-pemain kelas dunia. Ronaldinho, Zico, dan Adriano diketahui mengawali karier profesional dari klub ini. Terakhir, pemain sayap anyar Real Madrid, Vicinius Junior, juga didatangkan dari akademi sepak bola Flamengo. 

photo
Suasana pemakaman korban kebakaran asrama klub Flamengo. Kebakaran terjadi pada Sabtu (9/2) dan menewaskan 10 orang remaja.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA