Sabtu 13 Apr 2019 21:30 WIB

Trump Dikecam Soal Komentarnya terhadap Ilhan Omar

Trump mengecam Ilhan Omar setelah berkomentar soal Islamofobia.

Muslimah di kongres AS, Ilhan Omar
Foto: EPA
Muslimah di kongres AS, Ilhan Omar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, dikecam oleh anggota Demokrat di Senat karena pernyataannya mengenai Muslimah anggota Kongres dari Partai Demokrat Ilhan Omar.

Bernie Sanders dan Elizabeth Warren, dua calon presiden dari Demokrat, mengecam Trump di Twitter. Pada Sabtu pagi, Trump mencuit satu video dan mencuit ulang postingan orang lain yang ditujukan kepada anggota Kongres dari Minnesota tersebut.

Baca Juga

"Ilhan Omar adalah seorang pemimpin dengan kekuatan dan keberanian. Ia takkan mundur gara-gara kebencian dan rasisme Trump, dan kami juga tidak. Serangan yang menjijikkan dan berbahaya terhadap dia harus diakhiri," kata Sanders, sebagaimana dikutip Kantor Berita Turki, Anadolu, Sabtu malam.

"Presiden menghasut kekerasan terhadap seorang anggota Kongres yang sedang menjabat --dan seluruh kelompok orang Amerika berlandaskan atas agama mereka. Menjijikkan. Memalukan. Dan setiap pemimpin terpilih yang menolak untuk mengutuknya ikut bertanggung jawab untuk itu," kata Warren.

Trump mengecam Muslimah anggota Kongres tersebut setelah beberapa komentar Ilhan beredar, yang berbicara mengenai Islamofobia yang dihadapi umat Muslim pada era pasca-11 September.

Ilhan telah menghadapi serangan karena komentar yang ia keluarkan pekan lalu mengenai serangan teror 11 September 2001. "Sudah terlalu lama kami hidup dalam ketidaknyamanan menjadi warga kelas dua," kata Ilhan dalam acara di Dewan mengenai Hubungan Islam-Amerika (CAIR).

"Dan jujur saja, saya jemu dengan itu. Dan setiap Muslim di negeri ini tentu jemu dengan itu. CAIR didirikan setelah 11/9 karena mereka mengakui bahwa sebagian orang melakukan sesuatu, dan bahwa kami semua mulai kehilangan akses ke kebebasan sipil kami," kata Ilhan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement