Selasa, 16 Ramadhan 1440 / 21 Mei 2019

Selasa, 16 Ramadhan 1440 / 21 Mei 2019

Demokrat Minta Laporan Lengkap Mueller

Sabtu 20 Apr 2019 16:13 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani

Direktur Biro Federal AS (FBI), Robert Mueller

Direktur Biro Federal AS (FBI), Robert Mueller

Foto: AFP
para pemimpin kongres dari Partai Demokrat menginginkan temuan penyelidikan Muelller

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Ketua House Judiciary Committee, Jerold Nadler telah mengeluarkan surat perintah untuk memperoleh laporan lengkap penyelidikan jaksa khusus Robert Mueller atas peran Rusia dalam pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) 2016. Surat ini dikeluarkan di tengah aksi Demokrat yang gencar mengawal laporan penyelidikan tersebut.

Selama berbulan-bulan, para pemimpin kongres dari Partai Demokrat menginginkan temuan penyelidikan Muelller dirilis secepatnya mengenai apakah kampanye Presiden Donald Trump 2016 berkolusi dengan Rusia. Sekarang dengan dirilisnya versi ringkasan mereka dihadapkan pada dua pilihan, yakni tetap menyerang atau melupakannya.

Nadler mengatakan ia ingin Mueller bersaksi di depan komite selambat-lambatnya 23 Mei. Naddler berharap, Departemen Kehakiman dapat memenuhi panggilan komite dan memberikan laporan lengkap pada 1 Mei.

"Sekarang menjadi tanggung jawab Kongres untuk menentukan cakupan penuh dugaan pelanggaran, dan untuk memutuskan langkah apa yang harus kita ambil ke depan," kata Nadler, Sabtu (20/4).

Nadler mengatakan dia terbuka untuk bekerja dengan Departemen Kehakiman. Tetapi dia juga mengatakan komite  berhak atas versi lengkap dari laporan Mueller dan bukti-bukti yang mendasar.

Juru Bicara House of Representative Nancy Pelosi bersikeras kepada pendekatan metodis untuk mengawasi administrasi Trump. Namun dia menolak untuk mempertimbangkan pemakzulan tanpa dukungan publik, termasuk dari Partai Republik. Berbicara di Belfast ketika mengakhiri kunjungan kongres ke Irlandia, Pelosi menolak untuk memberikan komentar mengenai penyelidikan laporan Mueller dan pengawasan Gedung Putih.

"Izinkan saya meyakinkan Anda bahwa apa pun masalah dan tantangan yang kita hadapi, Kongres Amerika Serikat akan menghormati sumpah jabatannya untuk melindungi dan mempertahankan Konstitusi Amerika Serikat untuk melindungi demokrasi kita. Kami percaya bahwa artikel pertama Pasal 1 legislatif memiliki tanggung jawab untuk mengawasi demokrasi kita, dan kita akan melaksanakannya," ujar Pelosi.

Beberapa anggota Demokrat seperti Alexandria Ocasio-Cortez, dan Rashida Tlaib menandatangani resolusi impeachment. Sementara, Senator Elizabeth Warren mengatakan, House harus memulai proses impeachment terhadap presiden. Pelosi rencananya akan mengadakan rapat pada Senin mendatang setelah libur paskah.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA