Tuesday, 15 Syawwal 1440 / 18 June 2019

Tuesday, 15 Syawwal 1440 / 18 June 2019

Sumo dan Golf Warnai Pertemuan Trump dan Abe

Ahad 26 May 2019 16:15 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Indira Rezkisari

Presiden Donald Trump (kanan) bermain golf dengan PM Jepang, Shinzo Abe, di Mobara Country Club di Mobara, selatan Tokyo, Ahad (26/5).

Presiden Donald Trump (kanan) bermain golf dengan PM Jepang, Shinzo Abe, di Mobara Country Club di Mobara, selatan Tokyo, Ahad (26/5).

Foto: AP
Kunjungan kenegaraan Trump dimaksudkan untuk menunjukkan kekuatan hubungan Jepang-AS.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memulai hari kedua kunjungan ke Jepang pada Ahad (26/5) waktu setempat. Kali ini Trump berkesempatan bermain golf bersama Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Baca Juga

Trump terlihat mengenakan pullover merah, sementara Abe mengenakan blazer biru dan celana putih. Keduanya tersenyum untuk permintaan fotografer sebelum berangkat ke permainan golf mereka.

Kantor Pemerintahan Abe kemudian mengunggah foto swafoto di lapangan dengan berlatarkan Trump dan Abe tersenyum bersama. Abe mengatakan dalam unggahannya, bahwa ia berharap untuk membuat aliansi Jepang-AS semakin tak tergoyahkan.

Kementerian Luar Negeri Jepang mengatakan, daging sapi menjadi menu saat makan siang. Burger keju yang dibuat dengan daging sapi AS juga menjadi selingan camilan saat bermain golf.

"Mereka memperdalam persahabatan mereka di tengah suasana yang nyaman," pernyataan itu menambahkan.

Kunjungan kenegaraan Presiden dimaksudkan untuk menunjukkan kekuatan hubungan Jepang-AS. Meski ketegangan atas perdagangan telah memberikan latar belakang ketidakpastian.

Kedua negara terlibat dalam diplomasi pribadi yang bertujuan memperlancar diskusi soal perbedaan perdagangan, terutama pada daging sapi. Trump tidak begitu senang dengan surplus perdagangan Jepang yang besar.

Ia pun tengah mempertimbangkan untuk mengenakan tarif tinggi pada ekspor mobilnya jika perjanjian perdagangan bilateral tidak tercapai. Sementara AS dan Cina juga terlibat dalam perang dagang mahal yang telah menggempur pasar keuangan di seluruh dunia.

"Kemajuan besar dibuat dalam negosiasi perdagangan kami dengan Jepang. Pertanian dan daging sapi jadi sorotan," tulis Trump melalui akun resmi Twitter. Pernyataan Trump tersebut muncul setelah ia tiba kembali di Tokyo dari lapangan golf pinggiran kota, yang di mana keduanya  bermain 16 lubang.

"Banyak yang akan menunggu sampai setelah pemilihan Juli mereka di mana saya mengantisipasi sejumlah besar," tambah cicitan Trump soal pertemuannya dengan Abe.

Dalam sambutannya kepada para pemimpin bisnis pada Sabtu malam, Trump menggoncang Jepang karena keunggulan perdagangannya. Menurutnya kemajuan perdagangan Jepang telah dibuat.

"Dengan kesepakatan ini, kami berharap dapat mengatasi ketidakseimbangan perdagangan, menghilangkan hambatan ekspor AS, dan memastikan keadilan dan timbal balik dalam hubungan kami. Dan pasti kita semakin dekat," kata Trump.

Trump menceritakan, baru pekan lalu ekspor daging sapi AS memperoleh akses penuh ke Jepang dan ke pasar di Jepang untuk pertama kalinya sejak tahun 2000. "Kami menyambut dukungan Anda dalam upaya ini, dan kami berharap akan memiliki beberapa pengumuman lebih lanjut segera selama beberapa bulan ke depan," ujar Trump.

Kedua pemimpin juga kemungkinan akan membahas program nuklir dan rudal Korea Utara. Trump mengatakan, dia tidak khawatir tentang peluncuran rudal baru-baru ini dari Korea Utara sehingga ia yakin bahwa pemimpin negara itu, Kim Jong Un, akan menepati janjinya.

Dijadwalkan, Abe dan Trump juga akan menghadiri turnamen sumo di sore hari. "Saya selalu bertemu (Sumo) itu menarik," kata Trump tentang olahraga nasional Jepang selama pertemuan dengan Abe di Washington bulan lalu.  

"Jadi, sebenarnya, kami memiliki trofi yang dibuat di negara ini. Kami akan memberikan trofi kepada pemenang kejuaraan," katanya. Trofi itu, sekarang selesai, beratnya 60-70 pound dan sedang disebut Piala Presiden," menurut seorang pejabat Gedung Putih.

Foto-foto piala yang dipajang di lobi hotel Tokyo sebelum pertandingan, menunjukkan cangkir  ditutup oleh seekor burung dengan sayap terentang. Trump akan menjadi presiden AS pertama yang menghadiri turnamen seperti itu, dan yang pertama mempersembahkan piala di atas ring. Dia pun akan menghadiri hari terakhir turnamen 15 hari itu, dikutip dari Reuters.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA