Ahad 09 Jun 2019 00:13 WIB

Trump Tangguhkan Penerapan Tarif Terhadap Meksiko

Trump mengklaim tercapainya kesepakatan pencegahan arus migran dari Meksiko.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Andri Saubani
Presiden Donald Trump menggelar buka bersama di Gedung Putih
Foto: Manuel Balce Ceneta/AP Photo
Presiden Donald Trump menggelar buka bersama di Gedung Putih

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah menangguhkan rencana penerapan tarif terhadap produk-produk asal Meksiko. Hal itu menyusul tercapainya kesepakatan tentang keharusan Meksiko mengambil tindakan untuk mencegah arus migran ke AS.

"Saya senang memberitahu Anda bahwa AS telah mencapai kesepakatan yang ditandatangani dengan Meksiko. Tarif yang dijadwalkan akan dilaksanakan AS pada Senin (10/6), terhadap Meksiko, dengan ini ditangguhkan tanpa batas waktu," kata Trump melalui akun Twitter pribadinya pada Jumat (7/6).

Baca Juga

Trump mengungkapkan, Meksiko telah setuju mengambil langkah-langkah tegas guna membendung gelombang migran yang melintasi Meksiko dan menuju perbatasan AS. "Ini dilakukan untuk sangat mengurangi atau melenyapkan imigrasi ilegal yang datang dari Meksiko dan ke AS," ujarnya.

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador telah menegaskan keinginannya untuk menghindari konfrontasi dengan Pemerintah AS. Ia berkomitmen tetap berteman dan menjalin hubungan baik dengan Trump.

Pada Kamis lalu, Menteri Pertahanan Meksiko Marcelo Ebrard mengatakan akan mengerahkan pasukan ke perbatasan negaranya dengan Guatemala. Itu merupakan respons atas ancaman Trump yang hendak memberlakukan tarif terhadap produk-produk Meksiko.

"Kami menjelaskan bahwa ada 6.000 orang dan bahwa mereka akan dikerahkan ke sana (perbatasan Meksiko-Guatemala)," ujar Ebrard.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement