Rabu 18 Apr 2018 21:45 WIB

Cina: Nepal Jadi Area Kerja Sama yang Baik dengan India

Cina-Nepal menyutujui rencana jangka panjang membangun jaringan lintas Himalaya

Rep: Puti Almas/ Red: Budi Raharjo
Bendera Nepal.
Foto: EPA
Bendera Nepal.

REPUBLIKA.CO.ID,BEIJING -- Pemerintah Cina mengatakan Nepal merupakan negara yang sangat tepat menjadi area kerja sama antara Negeri Tirai Bambu, serta India. Hal ini disampaikan oleh penasihat diplomatik Pemerintah Cina, Wang Yi, pada Rabu (18/4).

Pada 2016, Perdana Menteri Nepal KP Sharma Oli melakukan kesepakatan dengan Cina untuk menggunakan jalan dan pelabuhan negara itu. Hal ini sebagai upaya mengurangi ketergantungan Nepal terhadap India dalam bidang perdagangan serta transit.

"Saya percaya bahwa Cina, Nepal, dan India dapat menjadi negara mitra secara alami. Kami bertetangga dengan terhubung sungai dan gunung yang sama," ujar Yi dalam pertemuan proyek konektivitas bersama India dan Nepal, Rabu (18/4) dikutip Reuters.

Wang mengatakan Nepal menjadi negara yang dapat secara alami menerima manfaat kerja sama pembangunan yang dilakukan Cina dan India. Karena itu, Cina dan India juga akan mendukung pembangunan Nepal, sebagai negara tetangga mereka.

"Seperti yang kami katakan di Cina, bahwa anggota keluarga dan tetangga harus saling berhubungan dengan baik," kata Wang menambahkan.

Cina dan Nepal diketahui telah menyutujui rencana jangka panjang untuk membangun jaringan konektivitas lintas Himalaya. Saat ini hal yang akan dilakukan adalah memulai studi kelayakan kereta api lintas bantas yang menghubungkan Nepal dan Cina.

"Kami yakin jika jaringan konektivitas ini dikembangkan dengan baik, maka nantinya dapat menciptakan kondisi baik untuk koridor ekonomi yang menghubungkan Cina, Nepal, India, dan tentu berkontribusi untuk kemakmuran ketiga negara," jelas Wang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement