Rabu 25 Jul 2018 00:46 WIB

Israel Tembak Jet Tempur Suriah di Atas Dataran Tinggi Golan

Belum jelas di mana jet tempur jatuh.

Rep: marniati/ Red: Dwi Murdaningsih
Sejumlah tank Israel bersiaga di kawasan Dataran Tinggi Golan dekat perbatasan dengan Suriah.
Foto: AP/Ariel Schalit
Sejumlah tank Israel bersiaga di kawasan Dataran Tinggi Golan dekat perbatasan dengan Suriah.

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Militer Israel mengklaim telah menembak jatuh jet tempur Suriah yang diduga menyusup wilayah udaranya, di atas Dataran Tinggi Golan yang diduduki. Dilansir dari Aljazirah, Selasa (24/7), pernyataan militer mengatakan dua rudal Patriot diluncurkan ke jet Sukhoi setelah melintasi 2 km ke wilayah Israel.

"Kondisi awak tidak jelas," kata tentara Israel.

Media pemerintah Suriah mengatakan, pesawat itu ditargetkan ketika melakukan serangan di wilayah udara Suriah di Suriah selatan. "Musuh Israel menegaskan dukungannya untuk kelompok teroris bersenjata dan menargetkan salah satu pesawat tempur kami, yang menyerang kelompok mereka di daerah Saida di tepi Lembah Yarmouk di wilayah udara Suriah," lapor kantor berita Suriah SANA mengutip pernyataan militer.

Netanyahu: Israel akan Terus Serang Militer Iran di Suriah

Juru bicara militer Israel Jonathan Conricus membenarkan bahwa jet itu ditembak jatuh. Namun masih belum jelas di mana pesawat jatuh.

Insiden itu terjadi selama serangan Suriah yang didukung-Rusia untuk merebut kembali bagian selatan Suriah dimana pemerintah Bashar al-Assad kalah melawan pemberontak selama perang sipil. Israel khawatir  militer Suriah akan memasuki zona penyangga yang didirikan pada 1974 yang membatasi Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel.

"Sejak pagi, telah terjadi peningkatan pertempuran internal di Suriah, termasuk peningkatan aktivitas Angkatan Udara Suriah," kata tentara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement