Saturday, 16 Rajab 1440 / 23 March 2019

Saturday, 16 Rajab 1440 / 23 March 2019

Putra Mahkota Saudi Mulai Lawatan ke Asia di Pakistan

Senin 18 Feb 2019 06:01 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Putra Mahkota Saudi, Mohammad bin Salman

Putra Mahkota Saudi, Mohammad bin Salman

Foto: Saudi Press Agency via AP
Dia dijadwalkan akan menandatangani perjanjian investasi lebih dari 10 miliar dolar.

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Putera Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman pada Ahad (17/2) memulai lawatannya ke Asia Selatan dan Cina dengan disertai rombongan tingkat tinggi ke Pakistan. Perdana Menteri Imran Khan dan Kepala Tentara Pakistan Qamar Javed Bajwa menyambut putera mahkota itu di karpet merah di bandar udara militer di Rawalpindi, dekat Islamabad, ibu kota Pakistan.

Sebagai bagian dari penyambutan bagi delegasi Saudi itu, Pakistan juga mengirim jet-jet tempur untuk mengawal pesawat yang membawa Pangeran Mohammad. Putra Mahkota Saudi itu dijadwalkan akan menandatangani perjanjian investasi sebanyak lebih 10 miliar dolar AS.

Ia juga berencana mengunjungi Indonesia dan Malaysia selama lawatannya, tetapi ditunda, kata para pejabat Indonesia dan Malaysia. Tak ada keterangan mengenai penundaan tersebut atau alternatif tanggal yang ditetapkan untuk lawatan itu. Putera Mahkota juga akan mengunjungi India.

"Kunjungan ini insya Allah akan memulai babak baru dalam hubungan Pakistan dan Arab Saudi," kata Menteri Luar Negeri Shah Mahmood Qureshi kepada saluran TV negara PTV. "Kami akan memulai kemitraan ekonomi strategis."

Lawatan itu dipandang sebagai usaha oleh Putera Mahkota untuk membangun kembali reputasinya setelah pembunuhan pengeritik Saudi dan wartawan Jamal Khashoggi, kata para pengamat. Banyak negara di Barat menyalahkan Pangeran Mohammad atas pembunuhan itu, yang memicu krisis politik terbesar di kerajaan ini untuk satu generasi. Namun Putra Mahkota membantah terlibat dalam perkara itu.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA