Senin 19 Feb 2018 16:16 WIB

Ayah dan Anak Tewas Tertimpa Longsoran Salju di Alpen

Seorang pemain ski lintas negara juga tewas dalam insiden terpisah di wilayah itu.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Budi Raharjo
Salju di pegunungan alpen. (ilustrasi)
Foto: BBC
Salju di pegunungan alpen. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,PRANCIS -- Seorang ayah dan anak perempuan tewas dalam longsoran salju saat bermain ski di Pegunungan Alpen Prancis. Pria berusia 43 tahun dan putrinya yang berusia 11 tahun berasal dari wilayah Paris, menghilang di lereng di daerah gletser Pisaillas di resor Val d'Isre, dilansir di BBC, Senin (19/2).

"Kawasan itu ditutup karena risiko longsoran salju," kata petugas penyelamat. Pasangan itu ditemukan pada hari Minggu (18/2) di ketinggian sekitar 2.930 m (9.670 kaki). Seorang pemain ski lintas negara juga tewas dalam insiden terpisah di wilayah tersebut.

Pihak berwenang telah melancarkan penyelidikan mengapa ayah dan anak perempuannya bermain ski di daerah yang berisiko setelah dinas penyelamat memperingatkan para pemain ski untuk tetap berada di lereng yang ditandai.

Hilangnya mereka pada hari Minggu memicu operasi pencarian skala besar yang melibatkan helikopter dan tim penyelamat dari High Mountain Police. Mereka ditemukan di sore hari di sebuah lubang yang dikelilingi tebing. Sementara itu, longsoran salju di Swiss akhir pekan lalu juga melukai dua pejalan kaki.

Pasangan tersebut tertangkap di daerah Col de Fenestral dan dibawa ke rumah sakit. Luka mereka tidak serius, kata pihak berwenang.

Pada hari Minggu, polisi mengeluarkan sebuah peringatan bahwa beberapa longsoran telah dipicu di wilayah selatan, yang mengarah ke perbatasan Prancis. Salju yang sangat berat musim dingin ini telah menyebabkan banyak kesulitan pada resor pegunungan Alpen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement