Ahad 17 Feb 2019 17:56 WIB

Putin akan Hadiri Belt and Road Forum di Cina

Rusia berharap Presiden Xi akan hadiri the St Petersburg International Economic Forum

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Budi Raharjo
Presiden Rusia Vladimir Putin saat konferensi pers tahunan di Moskow, Jumat, 23 Desember 2016.
Foto: Alexei Nikolsky/Tass
Presiden Rusia Vladimir Putin saat konferensi pers tahunan di Moskow, Jumat, 23 Desember 2016.

REPUBLIKA.CO.ID,MOSKOW -- Presiden Rusia Vladimir Putin akan berkunjung ke Cina pada Maret mendatang. Dia dijadwalkan menghadiri Belt and Road Forum yang digelar di Beijing.

"Kami menantikan Belt and Road Forum kedua, tempat Presiden Putin akan berpartisipasi," ujar Menteri Luar Negeri Rusia Sergev Lavrov pada Sabtu (16/2), dikutip laman kantor berita Rusia TASS.

Rusia, kata Lavrov, juga menantikan kunjungan Presiden Cina Xi Jinping ke Rusia untuk menghadiri the St Petersburg International Economic Forum. "Kami mengharapkan partisipasi sukses Presiden Xi Jinping selama kunjungannya ke Rusia dan di the St. Petersburg International Economic Forum sebagai tamu utama," ucapnya.

Menurut Lavrov, kerja sama antara Rusia dan Cina telah terjalin cukup erat. Kedua negara memperoleh banyak manfaat dan keuntungan dari hubungan tersebut.

One Belt One Road (OBOR) adalah proyek perekonomian yang digagas Xi Jinping. Proyek tersebut berfokus pada konektivitas dan kerja sama antara negara-negara Eurasia.

Strategi tersebut menegaskan tekad Cina untuk mengambil peran lebih besar dalam percaturan global dengan sebuah jaringan perdagangan yang berpusat di negaranya. Dalam tiga tahun terakhir, Cina telah bekerja sama dengan sejumlah negara dalam proyek pembangunan jalan, material konstruksi, kereta api, properti, jaringan listrik, besi, dan baja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement