Monday, 15 Rajab 1444 / 06 February 2023

Innalillahi, Raja Abdullah Wafat

Jumat 23 Jan 2015 07:13 WIB

Red: Erik Purnama Putra

Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdulaziz.

Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdulaziz.

Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdulaziz, sekutu kuat Amerika Serikat (AS) yang berusaha untuk memodernisasi kerajaan Muslim ultrakonservatif dengan reformasi signifikan tersebut dilaporkan meninggal pada usia 90 tahun. Abdullah yang lahir di Nejd, Riyadh akan berusia 91 tahun 1 Agustus 2015 mendatang.

Daily Mail, Jumat (23/1) melaporkan, pihak Kerajaan Arab Saudi yang berada di rumah sakit mengkonfirmasi kematian Raja Abdullah yang dirawat di King Abdulaziz Medical City sejak Desember lalu.

Dia sudah menjalani serangkaian operasi untuk berjuang melawan penyakit pneumonia. Saudara tiri Raja Abdullah, Salman yang kini menjadi raja, menyatakan, kematian saudaranya tersebut terjadi pada Jumat (23/1) pagi waktu Arab Saudi.

Sebuah pernyataan resmi menyatakan, "Yang Mulia Salman bin Abdulaziz Al Saud dan semua anggota keluarga dan bangsa ini meratapi Penjaga Dua Masjid Suci Raja Abdullah bin Abdulaziz, yang meninggal tepat pada 1:00 pagi ini. "

Abdullah, yang lahir pada 1923, telah memerintah Arab Saudi sebagai raja sejak tahun 2006. Tetapi, ia mengendalikan negara secara de facto selama satu dekade, setelah pendahulunya Raja Fahd menderita stroke.

Kini, Raja Salman yang berusia 79 tahun, dianggap sebagai putra mahkota, dan menteri pertahanan sejak 2012. Dia adalah gubernur provinsi Riyadh selama lima dekade sebelum itu.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA