Selasa 17 Mar 2015 14:51 WIB

Arkeolog Temukan Cincin Kaca Bertuliskan Allah

Rep: C08/ Red: Indah Wulandari
Cincin zaman Viking bertuliskan Allah
Foto: 9news.com
Cincin zaman Viking bertuliskan Allah

REPUBLIKA.CO.ID, STOCKHOLM -- Para Arkeolog Universitas Stockholm Swedia menemukan sebuah cincin perak dengan batu ungu berwarna dengan tulisan 'Untuk Allah'.

Cincin ini diperkirakan menjadi alat tukar untuk interaksi dagang antara kelompok Viking di Swedia dengan para pedagang Islam.

Para kelompok peneliti ini menyebut berdasarkan sejarah peradaban Islam, benda-benda sejenis adalah benda yang banyak beredar 1.000 tahun yang lalu. Akan tetapi, belum ada bukti yang kuat untuk mempertegas riwayat benda-benda tersebut.

Namun, di dalam buku sejarah  Skandinavia disebutkan bahwa benda-benda peradaban Islam termasuk cincin dengan tulisan 'Untuk Allah' ini  juga ada pada masa peradaban Mesopotamia sejak 3.400 tahun lalu. Dikatakan bahwa benda-benda kaca mewah itu banyak didatangkan dari Mesir.

"Cincin dengan tulisan Arab ditemukan di situs arkeologi Skandinavia. Itu adalah benda unik yang digunakan antara dunia Islam dengan Viking di Swedia," ujar salah satu peneliti dari Universitad Stockholm, dikutip dari 9news.com,  Selasa (17/3).

Akan tetapi para arkeolog masih belum bisa memberikan penalaran pasti mengenai informasi cincin indah ini. Penelitian akan terus dilanjutkan untuk mendukung catatan sejarah kaum Viking di Swedia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement