Jumat 26 Jun 2015 09:55 WIB

Pria Irlandia Meninggal Setelah Minum Pil Pelangsing Tubuh

Mengejar tubuh langsing berujung nyawa melayang
Foto: pixabay
Mengejar tubuh langsing berujung nyawa melayang

REPUBLIKA.CO.ID, DUBLIN  --  Berhati-hatilah orang yang ingin kurus, sebab seorang pemuda Irlandia, yang meninggal pada pertengahan Mei, diduga telah mengkonsumsi produk pelangsing tubuh yang dibeli lewat Internet.

Lembaga Pengatur Produk Kesehatan (HPRA) negeri itu dan polisi sedang melakukan penyelidikan kematian pria yang berusia awal 20-an tahun tersebut.

"Lelaki muda itu mengkonsumsi produk pembakar lemak yang berisi dinitrophenol (DNP)," kata lemaga siaran negara, RTE, Kamis (25/6).

Walaupun kematian pemuda tersebut terjadap bulan lalu, RTE baru diberitahu belum lama ini mengenai kasus itu oleh profesional perawatan kesehatan dan HPRA mengeluarkan peringatan kesehatan kepada masyarakat pada Kamis.

Obat tersebut, bahan sangat beracun yang dipasarkan di Internet sebagai "bantuan pelangsing ajaib", telah berkaitan dengan 60 kematian di seluruh dunia. Tapi itu adalah kasus pertama yang dilaporkan di Irlandia.

DNP adalah bahan yang dinyatakan berbahaya oleh Interpol pada Mei. Obat tersebut tidak diizinkan digunakan di mana pun di dunia. HPRA menyita 93 kapsul yang berisi DNP tahun ini.

Obat itu, yang juga dikenal sebagai 2,4-Dinitrophenol, adalah kimia sintetis yang aslinya digunakan dalam pembuatan pewarna, pengawet kayu, peledak, dan pestisida.

DNP dikembangkan sebagai obat penurun berat badan pada 1930-an, sebelum akhirnya dilarang di AS pada tahun 1938. Setelah ada laporan mengenai reaksi alergi dan beracun. Namun hingga kini DNP masih digunakan dan banyak dijual daring dalam bentuk bubuk.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement