Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

NASA Siapkan Misi Terbaru ke Mars

Ahad 28 Feb 2016 02:25 WIB

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Indira Rezkisari

Astronot Scott Kelly

Astronot Scott Kelly

Foto: EPA

REPUBLIKA.CO.ID, NEW  YORK -- Stasiun Luar Angkasa Internasional (NASA) akan meluncurkan misi baru ke Mars pada tahun mendatang. Misi tersebut selama 340 hari. Salah satu astronot, Scott Kelly akan mencoba untuk ke Mars dan mencoba posisi berbaring dan berdiam diri selama tiga menit.

Selain itu, ia akan mencoba berjalan garis lurus dengan menapakkan kakinya. Dari uji coba tersebut apakah tapakan kaki tersebut bisa stabil di Mars sama halnya ketika manusia menapakkan kaki di Bumi. Senin (7/3) akan menjadi peluncuran pertama uji coba ini.

Dilansir dari laman NBCDFW Kelly rencananya akan berangkat menaiki pesawat ruang angkasa Spyuz dengan dua orang rusia, Mikhail dan Kornienko. Sebelum itu, keduanya akan melewati serangkaian tes fisik mulai dari monitoring jantung, darah serta pemeriksaan medis lainnya. Pemeriksaan ini sudah berlangsung sejak dua bulan lalu.

"Kita akan banyak belajar tentang spaceflight dan kita akan ke mars suatu saat nanti," ujar Kelly.

Beberapa target yang akan dilakukan Kelly antara lain melompat, ataukah mereka bisa melakukan spacewalk secara langsung. Selain itu, Kelly akan melakukan penelitian di Mars sana apakah ada komponen yang sama seperti di Bumi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA