Senin 18 Jul 2016 21:52 WIB

Pasukan Cina Lakukan Patroli Udara di Laut Cina Selatan

Pesawat tempur Cina
Foto: Reuters
Pesawat tempur Cina

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Angkatan Udara Tentara Pembebasan Cina (PLA) baru-baru ini melakukan patroli udara di Laut Cina Selatan, yang menurut seorang juru bicara militer, Senin (18/7), akan dijadikan kegiatan berkala.

Juru bicara Angkatan Udara PLA Shen Jinke mengatakan PLA mengerahkan pesawat-pesawat pengebom H-6K dan tipe lainnya, seperti jet tempur, pesawat pemandu dan pesawat pengisi bahan bakar, untuk mengawasi kepulauan dan karang, termasuk Huangyang Dao.

Selama menjalankan misi, pesawat akan melaksanakan berbagai tugas, seperti pemanduan udara, pertempuran udara serta patroli terhadap pulau dan karang. Menurut Shen, Angkatan Udara Cina bertujuan untuk memajukan latihan perang sesungguhnya di lautan, meningkatkan kemampuan memerangi berbagai ancaman keamanan serta menjaga kedaulatan dan keamanan nasional.

Baca: Cina Umumkan Latihan Militer di Laut Cina Selatan

"Untuk dapat memenuhi misi itu secara efektif, angkatan udara akan terus melaksanakan patroli tempur secara berkala di Laut Cina Selatan," ujarnya.

Ia menekankan Kepulauan Laut Cina Selatan telah menjadi milik wilayah Cina sejak zaman purba. Hak dan kepentingan Cina di wilayah maritim tidak boleh dilanggar.

"Angkatan Udara PLA akan dengan tegas melindungi kedaulatan, keamanan dan kepentingan maritim nasionalnya, juga melindungi perdamaian dan stabilitas kawasan serta menghadapi berbagai ancaman dan tantangan," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement