Monday, 9 Syawwal 1441 / 01 June 2020

Monday, 9 Syawwal 1441 / 01 June 2020

AS Akhirnya Jual Jet Tempur ke Qatar dan Kuwait

Jumat 02 Sep 2016 10:07 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Ani Nursalikah

Jet tempur AS

Jet tempur AS

Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Amerika Serikat (AS) siap menjual jet tempur Boeing senilai tujuh miliar dolar AS ke Qatar dan Kuwait. Hal ini dilakukan setelah bertahun-tahun lamanya penundaan dan akan dimulai pada awal pekan depan.

Penjualan jet tempur itu sebelumnya dihentikan karena kekhawatiran Israel. Sekutu dekat AS itu mengatakan ada kemungkinan pesawat tersebut digunakan negara-negara di Teluk Arab untuk melawan mereka. AS juga sebelumnya pernah mengkritik Qatar atas dugaan negara itu memiliki hubungan dengan kelompok militan.

Namun, kini penjualan diputuskan dilakukan dan diharapkan dapat terus berlanjut dalam skala besar. Seorang pejabat senior AS mengatakan belum ada pemberitahuan secara langsung pada anggota kongres. Namun, jika hal itu disetujui, Negeri Paman Sam dikatakan tetap berkomitmen menjaga keamanan dan stabilitas di kawasan Timur Tengah.

"Selama beberapa dekade kami telah menunjukkan komitmen ini melalui upaya terus-menerus secara diplomatik dan membangun kapasitas pertahanan di seluruh wilayah," ujar pejabat senior AS itu, Jumat (2/8).

Penundaan penjualan telah memibulkan pertanyaan akan krisis keuangan di kalangan pejabat pertahahan AS dan bidang eksekutif industri. Mereka memperingatkan, negara itu dapat mengalami kekurangan pemasukan keuntungan jika permintaan tidak dipenuhi. Demikian dengan adanya wacana mencari pemasok lain, yang semakin memperburuk keadaan.

Qatar dan Kuwait memerlukan jet tempur untuk meningkatkan kemampuan militer masing-masing negara.


sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA