Rabu 11 Jan 2017 09:02 WIB

Obama Sampaikan Pidato Terakhir

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden AS Barack Obama
Foto: Reuters
Presiden AS Barack Obama

REPUBLIKA.CO.ID, CHICAGO -- Presiden Barack Obama akan menyampaikan pidato terakhirnya sebagai pemimpin AS pada Selasa (11/1) malam waktu setempat. Ia akan menyampaikannya di Chicago, tempat ia mengumumkan pertama kali kemenangan sebagai presiden yang juga kampung halamannya.

Pidato perpisahan presiden adalah sebuah tradisi yang dimulai sejak 1796. Saat George Washington mengucapkan selamat tinggal kepada rakyat Amerika sebelum melanjutkan kekuasaannya kepada pengganti, John Adams.

Pintu tempat terakhir Obama pidato, McCormick Place telah dibuka sejak pukul 17.00. Ribuan orang sudah mengantre sejak Sabtu pagi pekan lalu untuk membeli tiket acara. Otoritas mengatakan tiket banyak terjual bahkan sebelum distribusi dimulai.

Dalam pernyataan yang ditulis pekan lalu, Obama mengatakan, rakyat Amerika telah banyak membantunya menjalankan pemerintahan. Ia akan menggunakan ini sebagai highlight pidatonya.

Pidato Obama bisa disaksikan secara langsung di sejumlah saluran televisi AS juga di internet. Situs resmi Gedung Putih akan menyiarkannya secarang langsung di https://www.whitehouse.gov/farewell.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement