Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Menlu Hadiri Pertemuan OKI Bahas Masalah Rohingya

Rabu 18 Jan 2017 12:06 WIB

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Agus Yulianto

Menlu Retno Marsudi dan State Counsellor Daw Aung San Suu Kyi bahas situasi di Rakhine State, Myanmar

Menlu Retno Marsudi dan State Counsellor Daw Aung San Suu Kyi bahas situasi di Rakhine State, Myanmar

Foto: istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengatakan, Menteri Luar Negeri akan menghadiri pertemuan menteri luar negeri luar biasa yang diselenggarakan oleh Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di Kuala Lumpur pada Rabu (19/1). Usai menghadiri pertemuan di OKI, Menlu akan melanjutkan perjalanan ke Myanmar.

"Kunjungan di Myanmar dilakukan pada 20 sampai 22 Januari," katanya, Rabu (18/1).

Pertemuan menteri luar negeri di OKI, kata Arrmanatha, membahas langkah-langkah guna mendorong OKI untuk mengambil langkah konstruktif dalam mendukung Myanmar menyelesaikann masalah di Rakhine State. "Di OKI kami akan menyampaikan langkah yang kami lakukan di Myanmar sehingga diharap jadi  dorongan bagi OKI untuk mengambil langkah yang sama."

OKI diharap melakukan kerja sama dengan ASEAN dalam membantu dan mendukung Myanmar menyelesaikan  masalah. "Kita sampaikan upaya Indonesia dalam  mendukung Myanmar atas masalah di Rakhine," katanya.

Upaya itu, antara lain, Indonesia membantu melakukan pembangunan kapasitas di Myanmar seperti membangun sekolah, meningkatkan kapasitas kesehatan di sana, memberikan pelatihan kepada tenaga kesehatan dan polisi di sana.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA